6.09.2016

Karena memompa asi butuh konsistensi

Judulnya harus banget deh berirama --"

Karena gw bekerja dan gw berharap aksara hanya akan minum ASI dari mamaknya terutama di 6 bulan pertama masa hidupnya, maka gw berusaha keras supaya Aksara tetap dapat suplai terbaik biarpun ketika gw ga selalu ada di rumah, dan bahkan kadang ketika gw harus ke lapangan. 

Memompa asi itu benar-benar bukan hal yang pernah gw bayangkan sebelumnya, tau bentuk alatnya aja ga pernah! Jadi ketika masa-masa memompa itu tiba, barulah gw mengerti "hoo begini rasanya jadi sapi". 

5.26.2016

Itu Kuda Laut?

Aksara sudah 6 bulan sekarang, cita cita gw akhirnya kesampaian: mandiin Aksara ala ala iklan Johnson & Johnson, biarpun drama pun muncul ketika dia diangkat dari bak mandi dan dipakein baju. 

Ada dua mainan favorit Aksara yang selalu dia pegang dan bawa, pas mandi pun tetep dia bawa: bebek bebekan yang bisa bunyi "cit. cit.. cit" dan teether jerapah. 

Sore ini, sambil bengong nunggu hujan reda dan memang di rumah waktunya Aksara mandi, hati mulai mellow inget si bocah. Keluarlah gambar di bawah dari jari jari yang sudah kaku sekian lama ga pernah menggambar lagi:

4.22.2016

Dear Aksara

You have inspired me to thank to my parent because now i understand what it is like to be on the other side and very little about it is easy.


Udah, itu dulu. 

*Edisi kangen anak, tapi belum bisa pulang karena ada Skype meeting dan ga ada koneksi internet okeh di rumah*

2.23.2016

Harapan VS Kenyataan

Sedari hamil, gw udah punya cita-cita mulia dan bertekad baja untuk menerapkan beberapa hal yang menurut gw ideal buat Aksara, juga berimajinasi harus begini, harus begitu, bakal kaya gini dan bakal kaya gitu. Kemudian Aksara pun lahir, dan ternyata cita-cita tak seindah kenyataan wahai kawan. Hahaha

Yang tadinya gw berencana:

1. Pokoknya harus pake popok kain

Tereliminasi di tiga minggu setelah Aksa lahir, gw dan Andi pun menyerah, kibarkan bendera putih sambil teriak AMPUN DJ!! Kenapa? kenapa? tak lain dan tak bukan adalah karena kami ga kuat melihat banyaknya jumlah cucian aksara yang harus dicuci per harinya.

2.10.2016

Random Thought

Pic source: http://www.catsofaustralia.com/pregnant-cat.htm

Sambil nunggu angkot ke kantor, karena Ipeh sang sepeda andalan kemarin gw tinggal di kantor gara-gara hujan.

*Kucing hamil melintas*

Kucing kalo lagi hamil gitu ngidam juga ga ya? mungkin dia pengen daging ayam tapi bagian paha atas, atau rumput tapi spesifik harus rumput jepang biar lebih krenyes pas dikunyah...

yak! Angkot pun datang, sayah ngantor dulu. Semoga si kucing hamil dapet daging enak hari ini. Amiin. 


2.09.2016

Pilah Pilih Pompa ASI

Karena ternyata, memilih breast pump (pompa asi) itu ibarat kata bagai memilih dokter kandungan, harus ada chemistrynya dan klop di hati cyiin. Saat hamil, gw pikir semua pompa asi itu akan sama aja, mulai dari bentuk: ada corongnya, tipe: bisa manual atau elektrik, dan tinggal mompa deh. Ternyata oh ternyata akuh keliruuu. Biarpun bentuknya serupa, tapi ternyata tak sama ya bow. Dan pompa asi itu pun cocok cocokan sama pemakainya. Bagus dipakai di si anu, ternyata belum tentu juga cocok dipakai di si anu.

Kenapa butuh pompa asi? Karena gw kembali bekerja dua bulan setelah aksa lahir, dan gw harus punya stok asip (asi perah) saat ninggalin Aksa ke kantor atau apalagi kalau ada tugas ke lapangan. Kalo masih tugas di kantor sih cukup ga ada masalah, karena pekerjaan gw fleksibel, bisa balik ke rumah pas jam makan siang, atau pulang kantor lebih cepat selama pekerjaan udah beres.

2.03.2016

Tetap Fit Selama Hamil

Saat hamil dulu, gw berusaha sebisa mungkin untuk tetap aktif beraktivitas. Alhamdulilah, ga terlalu banyak perubahan aktivitas sehari hari yang gw rasakan sebelum atau saat hamil. Gw pun memaksimalkan cuti hamil mepet seminggu sebelum HPL, daripada gw bengong-bengong di rumah kan ya dan juga supaya bisa lebih banyak waktu untuk urus si dedek bayi nantinya. Saat hamil gw masih bisa aktif bekerja seperti biasa (kecuali off ke lapangan saat usia kehamilan masuk bulan kelima), tetap ngegowes sepeda ke kantor (biarpun akhirnya berhenti di bulan ketiga karena diomelin pak suami) dan tetap jalan-jalan sore keliling kampus bareng sama Choky. Dan masih bisa kemping-kemping cantik di Tanakita pas umur kehamilan 4 bulan. Hehehe. 

Menurut gw, salah satu faktor yang membantu kelancaran persalinan gw kemarin adalah lewat olahraga rutin, tapi ga perlu kelincahan ikutan lari marathon juga kali ya. Beberapa jenis olahraga yang gw lakukan dulu saat hamil yaitu:

2.01.2016

Balada Mamak Amatir

Pic source: http://newborn2child.com/

Satu bulan pertama setelah Aksara lahir adalah masa-masa paling menguras emosi jiwa dan raga buat gw. Di luar pastinya rasa bahagia luar biasa ketemu langsung Aksara setelah 9 bulan penantian (ciyee), ternyata banyak ya boook penyesuaian dan segala rupa drama yang terjadi dan harus dihadapi. Belum lagi sebulan itu masih recovery abis lahiran, masih berdarah-darah, jaitan masih ngilu dan gelambir di perut juga masih berkibar-kibar. Gw dan andi juga hampir melakukan segalanya berdua, karena emang ga ada ART, alhamdulilahnya ada nyokap yang tinggal di rumah seminggu awal setelah lahiran, jadi ada mentor. Hehe.  

Jadi maafkan buat tamu yang datang ngejenguk saat seminggu awal setelah lahiran ga gw sambut dengan ramah. Dimana kondisi lahir batin sayah sedang bergejolak. Ternyata emang ga gampang yah jadi mamak-mamak. Hahaha.

1.28.2016

Cerita Melahirkan

2 november 2015

Karena HPL (hari perkiraan lahir) yang masih seminggu dari tanggal di atas, gw dan andi pun santai-santai aja, biarpun tas persiapan buat ke RS udah disiapin in case kalo ada kejadian mendadak yang ternyata kejadian hari itu, hehe. 

Pagi itu juga gw masih sempet yoga, ngepel jongkok plus beberes rumah. Kerasa mules sih dari malemnya, tapi ga teratur, dan muncul ilang muncul ilang. Lapor ke andi, dan dengan sotoynya kita mikir: "oh, kontraksi palsu". Andi pun hari itu ada tugas ke Bogor kota (iyes, kami penghuni Dramaga raya biarpun tinggal di BOGOR tetep aja nyebut daerah Baranangsiang sana dengan BOGOR KOTA) padahal hari itu adalah jadwal kontrol gw ke dr. farah dina karena emang udah masuk minggu ke-40 kehamilan.

1.25.2016

Review RSIA Bunda Suryatni (2)

Yak! Sayah kembali ke rutinitas setelah 3 bulan full ngurus aksara, belajar jadi mamak mamak ceritanya. Hehe. Ntar deh bikin postingan sendiri jatuh bangunnya sayah belajar ngurus Aksara.

Sesuai dengan janji sekian bulan lalu dimana gw akan melanjutkan review tentang RSIA Bunda Suryatni dan gw juga melahirkan Aksara disana bulan November lalu, sekarang deh baru sempet melanjutkan reviewnya.
Menurut gw ini dia beberapa plus minus dari RS ibu dan anak yang baru berumur setahun ini: