9.03.2015

Susahnya Cari Taksi di Bogor

Cari taksi di Bogor itu gampang gampang susah, karena memang ternyata belum ada izin resmi dari pemerintah Kota Bogor soal keberadaan taksi taksi dengan plat B. Ada sih pangkalan taksi Blue Bird di Jl. Baru, dekat RS Hermina, dimana penumpang bisa order via telepon. Sayang, armadanya terbatas.  Di samping ex Plaza Pangrango juga ada lho pangkalan Taxi Express. 
Beberapa bulan terakhir, gw ada kegiatan di IICCnya Botani dan gw merasakan susahnya cari taksi dari Botani Square menuju rumah gw yang terletak di Bogor coret (faktor rumah gw yang terletak di negara antah berantah juga bikin supir taksi males kesana ternyata). Nyari taksi ga segampang nemu warteg ternyata sodara-sodara. Karena order dari pangkalan yang di jl. Baru juga entah kenapa mereka ga pernah mau ke Botani, alasannya paling "biasanya ada yang muter sekitar sana mba". 

Lah terus aku kudu piye? Nah, ternyata ada dua strategi yang bisa dipake kalo mau dapat taksi di sekitaran Botani:

1. Kalau udah pegel berdiri di lobi, mending jalan sedikit ke arah Hotel Santika di belakang Botani dan minta babang security buat manggil taksi yang (dulu) biasa nunggu di parkiran Santika. Atau bisa juga masuk ke Santika lewat koridor Botani-Santika di lantai UG. 

2. Pake jasa calo, tapi yang ini pilihan terakhir kalo ga bener-bener kepepet. Soalnya ga semua supir taksi juga mau dapet penumpang dari calo, karena calo ini biasanya minta upah ke supir, sama penumpang juga minta. Bah! 

3. Tunggu sampai ada taksi yang ngedrop penumpang di lobi, tinggal naik deh. Tapi strategi yang ini butuh kesabaran ekstra saat weekdays. 

Semalam gw memutuskan untuk naik taksi dari Botani setelah beres suatu acara. Nunggu sekian lama sampe permen di mulut pun tuntas gw kunyah, taksi ga kunjung muncul. Di Santika juga kosong ternyata, yang bikin kaget kata securitynya taksi udah dilarang mangkal disana. Laah, ada apa gerangan? *Coret strategi no. 2*

Akhirnya gw jalan ke luar menuju jalan raya berharap ada taksi yang kebetulan lewat dan mau gw berhentikan. Ada sih beberapa taksi yang mangkal ga jauh dari tempat berdiri, tapi meragukan baik dari segi kemananan maupun harga dimana biasanya mereka main getok. Untungnya ga terlalu lama ada taksi Blue Bird yang muncul. Di perjalanan gw iseng nanya sama pengemudinya kok susah banget nemu taksi di Botani, emang ga ada kerjasama gitu? Macam di PIM, ada tempat tunggu sendiri untuk naik taksi blue Bird dan ini nih jawaban si babang taksi:

"Kita ga boleh mangkal soalnya mba dari pihak manajemennya Botani, katanya karena parkirannya sering penuh. Mau masuk botani juga malasnya karena calonya mba, kadang dikasih 5,000 marah-marah, terus minta lagi sama penumpang (nah bener nih bang!), kan kitanya yang ga enak". 

Iya juga sih, susah juga kalo dari pihak Botaninya ngelarang para taksi ini buat mangkal, sementara karena platnya "B" jadi belum dapat izin buat pangkalan resmi di Bogor. 

Semoga aja pak Bima Arya atau pemkot bisa cari jalan keluarnya deh ya, mungkin dengan cara kerjasama sama manajemen taksinya dan dijadikan plat "F"?  

*lalu muncul masalah berikutnya: sejuta angkot Bogor pun berdemo*

Ps: ini no. operator taksi Blue Bird di Jl. Baru, siapa tau gitu ada yang butuh: 081510227096 :)

Related Posts

5 comments:

  1. mbaaaa...dan aq korban susah cari taxi berbuntut naek angkot-ojek-keguyur ujan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahahaha, tapi kan jadi ada cerita seru sebelum lo balik ke Korea jo ;)

      Delete
  2. Iya dibogor kebanyakan angkotnya daripada taksinya.. namanya juga kota sejuta angkot hehehehe... nice post.

    ReplyDelete
  3. Taksi Bogor Sukasari 0857 1743 3499

    ReplyDelete
  4. Taksi Bogor Sukasari 085717433499

    ReplyDelete