9.08.2015

I Am Pregnant!

Ketika pertama kali tau gw positif hamil lewat 4 buah test packs (yes, saking ga percayanya kalo cuma sekali tes) bulan Maret lalu, yang pertama kali gw lakukan adalah nangis super duper histeris macam di telenovela. Kenapa? Karena gw ga nyangka akan secepat itu (biarpun ga menunda juga), sementara ada satu project baru yang harus dijalanin mulai Agustus kemarin dan artinya kalo gw hamil ga bisa turun ke lapang (egois bener deh gw). Huhuhu. Reaksi si suami? Bersyukur dan ketawa, katanya gw lebay, soal project kan bisa gw handle dari Bogor sementara bisa hire 1 tim untuk ambil data di lapangan (ih sungguh, kok gw ga kepikiran ya). Soal hamil, katanya gw lebay (lagi) nangisnya macam cewe yang dihamilin pacarnya dan pacarnya ga bertanggung jawab. Siaul!

Tapi setelah penjelasan dari si suami ditambah pelukan mesra (ahaay), reda juga lah tangis bombay gw. Karena harusnya gw bersyukur banget dikasih rezeki dan kepercayaan secepat ini. 

Kita memutuskan untuk cek ke dokter kandungan di satu RS dekat rumah besok harinya. Hasil cek pertama itu ternyata gw udah hamil 4 minggu sodara-sodara! dan kantung janin pun mulai terbentuk biarpun masih super duper mini. Saat di USG, ini yang paling bikin gw terpana karena tau ada satu makhluk yang hidup dan berkembang di dalam perut gw. It was weird and amazing at the same time

Darisana, masih dalam keadaan terbengong-bengong takjub, akhirnya gw mengucap syukur sambil senyum semanis mungkin, oh my.. i'm pregnant!

Sekarang gw mulai memasuki bulan ke-8, dan Alhamdulilah masih bisa beraktivitas normal, biarpun kalo naik tangga ngos-ngosan dan ini punggung harus disokong bantal supaya ga terlalu pegel di kursi kantor. 

Sedikit gw mau sharing pengalaman yang gw rasakan (biarpun lupa-lupa ingat) saat kehamilan mulai dari trimester pertama sampai sekarang:

1. Trimester pertama
Alhamdulilah  gw ga terlalu merasakan morning sickness selama trimester pertama. Yang paling berubah adalah karena tiba-tiba selama hamil, daya penciuman gw jadi super banget dan jadi lebih sensitif sama segala bebauan mulai dari masakan, rokok, ketek sampe parfum. tapi yang bikin eneg banget kalo nyium bau telur dadar dan kebab. 

Pola makan gw ga banyak berubah karena sebelum hamil pun gw hobi memamah biak kecuali pemberhentian sementara konsumsi kopi dan ga makan makanan mentah. Huhuhu. Hal lain yang gw rasakan adalah durasi tidur gw jauuuh lebih lama dari sebelumnya. Biasa gw tidur jam 11 atau 12an, saat hamil jam 8 aja mata gw udah merem melek.

Dan yang paling gw tunggu-tunggu adalah kunjungan bulanan ke dokter buat liat kondisi Udin (--> fix ini panggilan sayang sementara dari si suami) dan lihat perkembangannya yang berhasil bikin gw ternganga nganga. 

Oh iya, gw masih naik sepeda ke kantor beberapa kali, sampai akhirnya stop total karena diomelin si suami. Hehe. 

2. Trimester kedua
Kata orang,  ini adalah trimester paling menyenangkan. Karena semua drama morning sickness mulai berkurang, dan energi pun katanya kembali seperti sedia kala. Iya juga sih, gw merasa badan lebih segeran *apa sugesti aja yak?* tapi gw merasakan mood swing banget, dramah banget ini hidup. Dikit-dikit pengen ngomel, bawaannya sensitif, pengen nangis, eeh tetiba ceria lagi. 

Kayanya gw hidup super lebih sehat selama hamil ini, stop kopi sama sekali, kurangin makanan instan (biarpun sayah ga bisa terbebas sepenuhnya dari Indomie dan dapet jatah 2x per bulan), dan hobi ngemil buah-buahan. Gw sering merasakan lapar menyerang di tengah malam yang berakhir jadi gratak isi kulkas dan memamah biak sambil nonton wayang orang di TVRI. 

Perut udah mulai eksis sedikiiit biarpun belum keliatan banget tapi celana jeans kesayangan udah ga muat, dan tetep gw paksain pake karet di kancing celananya. Hahaha. *ini bisa jadi kode keras banget buat beli baju baru*

Gw mulai sedikit merasakan baby moves! Rasanya kocak, kaya ada yang colek colek, tapi dari perut bagian dalam. Hihihi. Dan saat trimester kedua ini hasil USG menyebutkan kalau bocah di perut gw ini berkelamin laki-laki! 

3. Trimester ketiga 
Yes! I am on this stage right now! Udin mulai besar, terakhir kontrol beratnya udah 2012 gram, sering nendang-nendang, dan bagian antara dada dan tulang rusuk gw sering banget nyeri karena mungkin perkembangan udin yang semakin besar kali yak jadi mengokupasi bagian atas perut. Gw mulai ikut senam hamil setelah usia kehamilan 29 minggu, tapi ga rutin karena males keluar hari sabtu hehe, yang akhirnya digantikan sama prenatal yoga yang lebih sering gw lakukan di rumah dari awal trimester pertama. 

Kaki kanan gw juga suka kram kalo malam, kayanya karena peredaran darah yang enggak lancar. Setelah konsultasi sama dokter, pak dokter menyarankan si suami buat bantu mijit-mijit sebelum tidur. Ihiiiy, ada deh alasan buat manja. Hahaha. 

Hal lain yang paling kerasa adalah posisi tidur yang semakin ga jelas, telentang salah, miring bosen, tengkurep ga bisaaaa. Sungguh, aku merindukan tengkurep. Tapi seringnya saat gw mau tidur, gw memposisikan miring, setelah itu cuma Tuhan dan badan gw yang tau posisi tidur gw bagaimana selanjutnya. 

Semoga kehamilan gw lancar jaya sampai due date nya nanti yang kata dokter sekitar awal November. Dan yang paling gw tunggu tunggu sekarang adalah belanja kebutuhan buat Udin. Ihiiy!

I'll see you soon!

Related Posts

6 comments:

  1. Ahahaa, smg kehamilannya sehat terus y mba,, lancar persalinannya nanti,, belajar senam hamil di rumah aja mba toa, muti dl ikut senam hamil skali sisanya d rmh,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin. makasih muut *peluk peluk* ^^ hihihi, iyak, senam hamil sih cuma alibi mut, niat utamanya adalah jalan-jalan beres senam hamil. hihihihi.

      Delete
  2. Ya ampun kak Ayu bisa mblendung jg perutnyah, nggak nyangka. Hahaha
    Sehat - sehat ya kak sama dedek bayinya (baca: Udin).
    Awal November ya kak ? Ciyeee kado ulang tahun terindah tuh, hehehe

    ReplyDelete
  3. yippiwwww calon ponakan coming soon...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yipiiiii, dapet kado dari Koreaaaa. hahaha!

      Delete