8.10.2015

Postingan telat banget: Review Chikal Catering

Kalo ga salah, salah satu postingan gw pernah sedikit ngebahas mengenai pernikahan (iya, terakhirnya itu udah lewat beberapa bulan yang lalu ;P), biarpun sungguh, postingan ini telat banget karena gw nikah pun akhir tahun kemarin. Tapi dorongan hati tetiba pengen posting soal nikahan, biar kerasa kaya pengantin baru. Ahaaay. 

Jadi sebenarnya konsep awal gw dan suami dulu waktu mutusin buat menikah adalah ga mau ngundang banyak orang atau ada resepsi, cukup akad nikah di masjid, pakai kebaya putih, beres, saaah, syukuran keluarga deh di rumah. Tapi apa daya, secara orang Indonesia yang katanya punya adat ketimuran, belum lagi makhluk sosial ditambah ketakutan nyokap yang ga enak sama tetangga kiri kanan. Jadi konsep awal nikahan kita bubar jalan deh, demi mengakomodir keinginan ortu, jadilah kita bikin resepsi, dimana gw dan suami udah pernah diskusi bareng keluarga kalau kita mau acara ini sederhana, mengundang mereka yang dekat dan pakai tabungan gw dan suami. Supaya kalau ortu mau ngebantu pun, bisa dialokasiin buat yang lain: dp rumah misalnya *eeh*. 


Persiapan nikah gw waktu itu juga ga lama, cuma sekitar 3 bulan setelah lamaran. Diawali dengan survey tempat pernikahan, dimana langsung cocok sama satu aula masjid cukup luas yang berjarak 20 menitan dari rumah. Kenapa aula masjid? Karena murah, hehe. Kedua, supaya gampang kalo mau salat. 

Karena ga mau repot, gw mutusin untuk pakai vendor pernikahan. tadinya takut out of budget, tapi akhirnya kita memberanikan diri ke salah satu vendor all in one di daerah jakarta timur. Sebut aja chikal *laah langsung merknya* dimana tahun sebelumnya, salah satu teman gw juga pakai jasa mereka, dan buat gw hasilnya okeh, terutama riasannya. Jadi udah ada lah gambaran mengenai servicenya, dan sebenarnya ini juga buat mencegah ortu gw dapet vendor yang aneh-aneh. Gw ga pake upacara adat, kembali ke prinsip penghematan, hehe. Dan juga gw dan suami dari suku yang berbeda, supaya adil, pakai nasional ajalah. Buat busana akad dan resepsi juga gw prefer sewa, karena jelas lebih hemat, dan lagian juga cuma dipake sekali seumur hidup, sayang aja sih menurut gw kalo uangnya dipakai cuma buat bikin baju. Eh tapi monggo lho yang memang punya gaun pernikahan impian. Denger temen gw ngejait baju akad sampe habis 2,5juta aja bikin gw mangap lebar. 

Total kunjungan gw ke Chikal itu 4x: (1) Survey sekalian minta penawaran harga (2) Deal sekalian fixing dekorasi dan busana (3)Fitting lengkap (4)Pamitan 

Kunjungan pertama yang memang buat survey, gw lakukan pas hari kerja, karena kabar burung bilang, kalo weekend itu antriannya lumayan cyiin. Kita ketemu Mas Eko, salah satu staf marketing Chikal, gw langsung ngejabarin jumlah tamu dan tempat nikahan gw yang berupa aula masjid. Langsung sama mas eko diprint price list lengkap paket all in one (termasuk catering, dekorasi, MC, dokumentasi, make up dan busana). Alhamdulilahnya eta PL yang ditawarin masih dalam budget banget. Selanjutnya kita minta jadwal food test terdekat, dan dikasih tau kalau minggu itu mereka ada acara di TMII. 

Beres dari marketing, gw dan nyokap ke bagian busana, buat liat-liat koleksi yang mereka punya. Sebenarnya Chikal punya rekanan, jadi bisa pilih busana juga di luar sanggarnya Chikal, tapi karena gw pemalas dan ga mau ribet, pilihan kembali ke sanggar Chikal yang sebenarnya koleksinya belum terlalu banyak. Mabok liat hecticnya beberapa pasangan yang lagi fitting, gw akhirnya ngobrol sama salah satu mba-mba stafnya Chikal apa bisa gw minta copy file koleksi busana dan dekornya mereka. Nah, ternyata bisa! *langsung sodorin flash disk*. Sungguh, ini saran gw buat para calon manten dimanapun berada, mending copy fotonya, cek di rumah pas lagi nyantai sambil nyeruput kopi, ga dalam kondisi terburu-buru, setelah ngerasa cocok, baru deh fitting. 

Kunjungan kedua, diawali dengan mampir ke nikahannya mba dan mas yang sayah lupa namanya di TMII buat food test. Gw sendiri ga bermasalah soal rasa, yang penting kenyang. Hahaha. Setelah nyokap ngangguk-ngangguk tanda setuju, kita langsung cuss ke kantor Chikal buat nge-dealin kalo kita akan pakai Chikal. Ternyata kabar burung itu tidak bohong sodara-sodara, karena hari itu hari sabtu, banyak banget calon pengantin beserta keluarga yang datang. Sambil nunggu dapet giliran dari marketing, Chikal nyedian cemilan-cemilan di lobi kantornya. Kesempatan yang ga gw sia-siakan, hahaha! Nyokap sibuk ngobrol sama keluarga orang, gw sibuk memamah biak. Akhirnya tiba giliran kita ngobrol sama marketing, kembali dipertemukan dengan Mas Eko yang kalem dan lemah lembut, kita bilang fix pakai jasa Chikal. Eeeh, ternyata ownernya Chikal (Ibu Sri) lagi di kantor, dan kita berkesempatan buat ngobrol sekalian colek-colek dikit Bu Srinya supaya dapat bonus. Hehe. Jadi memang untuk tawaran harga awal diserahkan langsung dari Bu Sri ke staf marketingnya, nah, kalo ada yang mau nego harga atau minta bonus terutama di bagian catering, ini harus ketemu langsung pemiliknya. Dimana notabene si Ibu ini susaaaaah banget ketemunya. Rezeki anak salehah emang ga kemana, pas banget kita datang saat Bu Sri lagi disana. Alhamdulilah waktu itu dapat tambahan cukup banyak di bagian cateringnya, dan Bu Srinya sendiri yang malah nanya berapa orang keamanan dan kebersihan, supaya Chikal bisa sediakan nasi box, dan ga dikurangi dari jatah tamu. Bah, mantap! Di kunjungan kedua ini juga gw bilang sama stafnya, gw mau pake jasa Bu Desi Tanti sebagai periasnya, karena gw pernah liat hasil make upnya dan pengen dirias sama beliau. Sip! Langsung dicatat sama stafnya Chikal, sementara gw hubungi Bu Desinya langsung buat janji, dan alhamdulilah beliau bisa. Gw langsung fitting busana yang sebelumnya gw pilih, si suami untung ga ribet, syaratnya dia cuma satu, baju buat dia harus yang warna netral, ga mau warna macam ijo, merah atau oren. Hehe. Untungnya pasangan baju yang gw pilih pun warnanya abu-abu, jadi ga rewel deh si suami. 

Mengenai pembayaran, Chikal ternyata ga memaksakan harus sekian persen di awal dan sekian persen sisanya. Seinget gw dulu gw DP 15% dari total pembayaran,  70% 2 minggu sebelum hari H, dan 15% sisanya 2 hari sampai seminggu setelah acara. 

Setelah fitting baju akad, resepsi dan dekorasi yang gw mau, sampailah kita pada kunjungan ketiga ke Chikal. Dimana waktunya itu kalau ga salah 4 hari sebelum acara. Kunjungan ketiga ini juga gw sekalian minta kuitansi bukti pembayaran pertama dan kedua. Semua transaksi pembayaran gw lakukan via transfer, tinggal kirim buktinya via email, konfirmasi via telepon dan minta deh kuitansi pembayarannya pas ke kantor Chikal.  Di kunjungan ketiga ini, kita ngefixin semuanya mulai dari dekorasi: karena buat gw dan suami semua tamu itu VIP, jadi ga ada sekat khusus untuk VIP yang memang sudah dirancang Chikal, jadi pergolanya bisa dipindahin di jalan yang untuk tamu. Gw juga udah print standing lamps, pelaminan dan bentuk taman yang gw mau berdasarkan dokumentasi Chikal. Jadi mas eko tinggal cari di file komputernya dia, dan masukin di orderan buat kita. Tambahan yang gw minta waktu itu Cuma sepeda onthel buat tambahan dekorasi, terus semacam bunga bulet-bulet entah apa namanya buat di taman pelaminan, dan itu free of charge! Hoho! Model jilbab juga begitu, sebelumnya gw udah ngeprint model jilbab yang gw mau, dan tinggal dicocokin sama timnya Chikal. Jadi mereka juga udah punya gambaran mau kita seperti apa. 

Tiga kali ke Chikal, semua kunjungan termasuk singkat dan padat, karena emang gw ga banyak permintaan terutama di bagian dekorasi, relatif sama dengan template yang Chikal punya. Mengenai catering, gw percaya selama kita ikhlas, makanan pun akan enak, make up dan busana juga gitu. Sampai si mas eko ini berkali kali nanya, "mba ga ada tambahan apa apa lagi?" laah, ditanya gitu malah bingung gw apalagi yang mau ditambah. Karena semuanya udah cukup menurut gw, tinggal cek hasilnya aja saat hari H. 

Dan alhamdulilahnya pas Hari H, semua berjalan lancar, mulai dari acara akad, dekorasi, resepsi, catering dan servicenya semuanya bagus dan sesuai dengan permintaan. Yang paling penting: bersih. Makanan juga begitu, banyak yang suka dan karena dikasih lebihnya cukup banyak, sampai kita bawa pulang dan masih bisa dibagikan ke tetangga kiri kanan. Padahal sungguh, ini acara resepsi konsep awalnya cukup sederhana, tapi Chikal berhasil membuat acara ini di atas ekspektasi kita. 

Di kunjungan terakhir, memang khusus untuk ngucapin terima kasih banyak untuk semua stafnya Chikal, sekalian minta kuitansi pembayaran terakhir, sayangnya ga ketemu Bu Sri, yang akhirnya gw kontak via sms. Jadi buat yang mau pakai jasanya Chikal, menurut gw recommended asal kitanya juga rajin komunikasi dengan pihak chikalnya. 

nah, ini beberapa foto dekor dan make upnya Chikal: 

Jalan masuk ke pelaminan
Fokusnya bukan pelaminan, abaikan :P
Dekorasi tambahan sepeda onthel. Saat resepsi, digantungin 2 tandan pisang yang langsung ludes
Dekorasi buffet dan gubukan di belakang
Dekorarasi jalan masuk menuju pelaminan
Pelaminan + requestan gw: buletan bunga yang mirip pom pom
Buket bunga di kursi pelaminan yang gw bawa pulang. hihihihi. 


Semoga bermanfaat :)

Related Posts

132 comments:

  1. Assalammualaikum,
    Salam kenal mba... :)
    Maaf mau tanya...untuk paket pernikahan Chikal yang mba pakai ini budgetnya berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Salam kenal juga mba :). Kalau paket dari Chikalnya sendiri waktu itu kalau ga salah sekitar 45jt mba. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Salam kenal mba..mau tanya juga..harga segitu untuk paketan brp orang?

      Delete
    3. Salam kenal mba..mau tanya juga..harga segitu untuk paketan brp orang?

      Delete
    4. Halo mba Novi, salam kenal juga. itu dulu untuk paketan 400 orang mba. Exclude charge dari tempat resepsi, karena aku acaranya di masjid, mereka ga ada charge untuk vendor. Karena kalau di gedung atau masjid besar biasanya ada charge lagi ya untuk vendornya. Semoga membantu :)

      Delete
  2. Hi Mba Rahayu, salam kenal..mba wkatu itu gedungnya dimana?

    thanks b4 ya
    -dian-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Dian, Salam kenal. Kebetulan aku di aula masjid At Taqwa Depok, daerah Beji mba.

      Delete
  3. halo mba Rahayu,

    Masih simpan price list harganya gak ?
    Aku boleh minta gak kirim ke email anafakot@gmail.com ??

    Trims banyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Dian, Sudah ta' kirim ya mba. Semoga membantu :)

      Delete
    2. hai mbak blogger :)
      bolehkah aku minta PLnya juga? aku lagi hunting2 soalnya.. hehehee
      email aku diannissa.riskasari@yahoo.com
      suwun yaa mbak,,

      Delete
    3. Helo mba ayu. Tulisannya membantu sekali mba, aku lg cari2 vendor yang bagus tp gak begitu pricey. Aku boleh minta price list nya juga gak?
      Email aku fiendracyrus@gmail.com
      Gomabseupnida mba :)

      Delete
  4. Boleh minta pricelistnya juga mba rahayu disend email ferly_maldini@yahoo.co.id terima ksh ;)

    ReplyDelete
  5. Mba mo nanya..pernah survey vendor apa aja?rizal pernah gak?boleh minta prize listnya chikal catering ya ke ernahdy13@gmail.com..thx

    ReplyDelete
  6. Mba mo nanya..pernah survey vendor apa aja?rizal pernah gak?boleh minta prize listnya chikal catering ya ke ernahdy13@gmail.com..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dikirim ya mba mba sekalian. semoga membantu.
      @Mba Erna: saya ga pernah survey ke vendor lain mba, kebetulan ke Chikal aja dan langsung cocok.

      Delete
  7. Ass mba
    Masih simpen nomor hp Mas Eko dan Ibu Desi Tanti kah?
    Saya tertarik utk pakai jasa chikal
    Trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sayangnya ga mba sejak HP saya hilang. tapi coba hubungi langsung cp yang ada di websitenya chikal: https://chikalsjsp.wordpress.com/

      Delete
  8. Hai mba salam kenal saya igin. Saya juga bingung cari2 catering dan tertarik untuk pakai chikal. Boleh minta pricelistnya dikirimkan ke virgin_alhaq@yahoo.com ? Terima kasih mba ^^

    ReplyDelete
  9. Hy mba salam kenal.. aqu blh minta PL nya ga, ke almt email luluelok.mawaddati@gmail.com
    Infonya sangat membantu
    terima kasih

    ReplyDelete
  10. Hy mba salam kenal.. aqu blh minta PL nya ga, ke almt email luluelok.mawaddati@gmail.com
    Infonya sangat membantu
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. Assalamu'alaikum mbak... Kebetulan sy jg mau pk Chikal. Bole mnt PL dan CP nya ya? Email sy : indayu.rm@gmail.com. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. done ya mba :) untuk CPnya kebetulan saya sudah ga punya mba, sila dicek langsung di websitenya chikal ya.

      Delete
    2. done ya mba :) untuk CPnya kebetulan saya sudah ga punya mba, sila dicek langsung di websitenya chikal ya.

      Delete
  12. Assamualaikum mba... Salam kenal
    Aku boleh minta PL nya chikal mba ini email saya hariyatiwulandari@ymail.com
    Info nya sangat membantu terimakasih

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum mba, aq lg mw nyari2 catering jg ni mba, bole mnta PL ny ke kyo_niena@yahoo.com... makasi sbelum ny yach 😊

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum mba, aq lg mw nyari2 catering jg ni mba, bole mnta PL ny ke kyo_niena@yahoo.com... makasi sbelum ny yach 😊

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum mba rahayu. mba itu masjid deket rumah aku dan aku sudah booking untuk tahun 2016.
    minta tolong mba klo boleh tau Price list dan paketan yang didapatkan itu apa aja ya mba dari cikal. klo boleh minta tolong kirim ke fitiani.pipitaa91@yahoo.co.id..

    Makasi yaa mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya kirim mba, tapi failed. ada alamat email lain?

      Delete
    2. fitriani.pipitaa91@yahoo.co.id
      makasi yaa mba

      Delete
  16. Assalamualaikum mba rahayu. mba itu masjid deket rumah aku dan aku sudah booking untuk tahun 2016.
    minta tolong mba klo boleh tau Price list dan paketan yang didapatkan itu apa aja ya mba dari cikal. klo boleh minta tolong kirim ke fitriani.pipitaa91@yahoo.co.id..

    ReplyDelete
  17. Assamualaikum mba, boleh minta PL nya chikal mba ini email shintaanggita@aol.com . Owh iya mba, pas contact pertama kali lgsg ke bu sri atau via email? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. done mba, sudah dikirim ya :). dulu saya langsung ke kantor chikal mba dan ketemu marketingnya. ketemu bu sri itu pas kunjungan kedua.

      Delete
  18. Hi Mba Ayu, salam kenal sebelumnya..
    Boleh minta tolong dikirimkan PL nya, mba?
    Kebetulan aku tinggal di daerah depok jg.. lg survey2..
    Minta tolong dkirim ke email alisia.rahmaisni.1105@gmail.com.
    Makasih sebelumnya, Mba.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Hi mba salam kenall yaa. Aku juga mau donk price list nya Cikal yg kmrn buat acara mba. Ini alamat email ku christy.istidjab@gmail.com

    Terimakasih sbelumnya yaaa mba.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Hi Mba ayu,, mba salam kenal and congrats for the new born baby aksara.. mba aku boleh tanya PL Chikal plus cp marketingnya?alamat aku di wahidah.dian@gmail.com yah mba..terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Done mba :) untuk CP marketingnya aku udah ga punya mba, tapi bisa dicek langsung di websitenya chikal.

      Delete
  23. hai mbak blogger :)
    bolehkah aku minta PLnya juga? aku lagi hunting2 soalnya.. hehehee
    email aku diannissa.riskasari@yahoo.com
    suwun yaa mbak,,

    ReplyDelete
  24. Hi mba Rahayu salam kenal ya. Boleh minta PL nya Chikal Catering ga mba ke tiaramutiararezky@gmail.com

    Thanks ya mba

    ReplyDelete
  25. Hi mba Rahayu, congrats for the wedding. salam kenal saya Gita kebetulan ada pertimbangan pakai chikal, boleh dikirim pricelistnya ke emailku gheta_pinkerbelle@yahoo.com thanks before

    ReplyDelete
  26. Haai mba rahayu,mba boleh minta pl chikalnya ke dianarestuproject@yahoo.com
    Makasih yaa

    ReplyDelete
  27. Hi Mba Rahayu
    Saya jadi tertarik pake Chikal nih
    bisa minta tolong kirim PL nya ke email
    nanovember89[at]gmail.com

    Nuhun,

    ReplyDelete
  28. Assalamualaikum Mba Rahayu
    Saya jadi tertarik pake Chikal nih
    bisa minta tolong kirim PL nya ke email saya ratihwijayanti8@gmail.com
    Terima kasih ya mba :)

    ReplyDelete
  29. Assalamualaikum mba rahayu, blh minta tlg kirimin PL chikalnya ke email devikurniati92@gmail.com. terima kasih banyak mba :)

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum..
    mba ak boleh minta PL chikalnya?
    ke email bektirinie@gmail.com
    infonya membantu banget mba makasi

    ReplyDelete
  31. Mbak, boleh dikirim PL chikalnya? Ke harniharumi@gmail.com. Aku udah coba kontak email chikal dan pak Ekonya tp blm ada balasan. Kyanya budgetku sekitaran itu juga. Makasih, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dikirim ya mba. kalau saran saya lebih baik telepon chikalnya dulu atau datang ke kantornya langsung mba. Chikal kurang responsif kalau lewat email. semoga membantu ya :)

      Delete
  32. Mba rahayu salam kenal infonya bermanfaat sekali..boleh saya minta plnya chikal ke email saya rohmatjulia@yahoo.co.id..mksh sebelumnya yahh..

    ReplyDelete
  33. Assalamualaikum mba rahayu..
    Cantiik bgt make up sm model jilbabnya :)
    Aku mau yaah mba Pricelist chikal nya , soalnya aku jg kebetulan pke gedung deket rumah aja ..
    Makasiih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. err.. dikirim kemana ya mba price listnya?

      Delete
  34. Assalamualaikum mba rahayu..
    Cantiik bgt make up sm model jilbabnya :)
    Aku mau yaah mba Pricelist chikal nya , soalnya aku jg kebetulan pke gedung deket rumah aja ..
    Makasiih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  35. Assalamualaikum mba rahayu..
    mba.. ibu desi tanti itu perias dari chikal nya yah mba?
    atau vendor lain? trims mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, rekanannya chikal. Bisa coba dikontak ibu Desinya via instagram @desitanti.

      Delete
  36. Assalamualaikim mba rahayu..
    Mba..aku mau jg.mnta tlng kirim PL dr chikal utk paket2nya.. ke yu.wilda@gmail.com
    Mba rahayu..yg difoto itu, baju dan makeup dr rekanan chikal ato beda lg? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. done :) semuanya dari Chikal mba, all in 1 paket.

      Delete
  37. Assalamualaikum mba Rahayu.. salam kenal yaa..jika berkenan boleh minta dikirimin price list dr chikal cateringnya ke herlinyunia.itsme@gmail.com terima kasih sebelunnya

    ReplyDelete
  38. Assalamu'alaykum mbak rahayu.. Salam kenal yaa.. Saya sabrina.. Maaf mengganggu mbak.. Bolehkah saya dikirimkan PL paketan gedung wedding nya chikal mbak? Ke email saya sabrinairna@gmail.com ..
    Sebelumnya terima kasih ya mbak rahayu

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaykum mbak rahayu.. Salam kenal yaa.. Saya sabrina.. Maaf mengganggu mbak.. Bolehkah saya dikirimkan PL paketan gedung wedding nya chikal mbak? Ke email saya sabrinairna@gmail.com ..
    Sebelumnya terima kasih ya mbak rahayu

    ReplyDelete
  40. Halo Mba Rahayu....seneng baca review nya Mba. Bisa minta dikirimkan pricelist nya juga Mba? emailnya feliceberry88@gmail.com . Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  41. Halo Mba Rahayu....seneng baca review nya Mba. Bisa minta dikirimkan pricelist nya juga Mba? emailnya feliceberry88@gmail.com . Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  42. Assalamualaikum mba,
    Boleh minta PL nya mbaa heheh tolong diemail ya indahtwain@gmail.com.com

    Makasih yaa mbaa :)

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Haii Mba boleh minta PL nya chikal ke email arumpuspa.itp45@gmail.com. makasih Mba..

    ReplyDelete
  45. Haii Mba boleh minta PL nya chikal ke email arumpuspa.itp45@gmail.com. makasih Mba..

    ReplyDelete
  46. Assalamualaikum mba salam kenal :) boleh minta PL nya ke ameliajamil16@gmail.com mba ? Harga lama juga gapapa hehe makasih mba :)

    ReplyDelete
  47. Assalamualaikum mba,
    Boleh minta PL nya mbaa heheh tolong diemail ke rinamerdeka17@gmail.com rencana mau pakai itu bulan mei...

    Makasih mbaaa...

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum mba,
    Boleh minta PL nya mbaa heheh tolong diemail ke rinamerdeka17@gmail.com rencana mau pakai itu bulan mei...

    Makasih mbaaa...

    ReplyDelete
  49. Mbak kayaknya klo ketemu Bu Sri susah banget yah? Klo tawar menawar gak bisa sama stafnya yah. Berarti klo gak ketemu Bu Sri, gak bisa nego donk hikssss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Iya, lumayan susah emang kalo mau langsung ketemu bu Srinya. Bisa dicoba sms dulu tanya beliau ke kantor/ga. Iyap, waktu dulu sih bagian tawar menawar memang harus langsung sama by srinya.

      Delete
  50. Mbak paketanmu bisa 400 ya?
    Itu murah yak 40an, ada yg dihilangkan dr pketan? Overall bagus ya dr pelaminan hingga makanan
    Boleh minta PLnya mega.wijayanti@gmail.com?
    Makasih yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,
      Iya, dulu jumlah undangan saya 400 orang dan kebetulan ga ada yang saya hilangkan dari paket (karena paket yang saya minta juga standar, hehe). Sudah dikirim ya, semoga membantu :)

      Delete
  51. Mba reviewnya berguna banget, mau tanya kantor Chikal sabtu Dan minggu buka juga ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,
      Buka kok mba, malah lebih rame dibandingkan hari biasa.

      Delete
  52. Assalamualaikum mbak.

    Aku boleh minta pricelistnya chikal ke dwskrdt90@gmail.com

    Makasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
  53. Halo Mba..
    Wih.. Orang Depok, kayaknya rumah deketan 😀 selamat untuk pernikahannya. Aku mau minta pricelistnya ke emailku boleh? adelinawangge@gmail.com 😊
    Maacih :)

    ReplyDelete
  54. Halo Mba..
    Wih.. Orang Depok, kayaknya rumah deketan 😀 selamat untuk pernikahannya. Aku mau minta pricelistnya ke emailku boleh? adelinawangge@gmail.com 😊
    Maacih :)

    ReplyDelete
  55. Hallo mba,

    Review nya sangat membantu sekali. Aku boleh minta price list Chikal ke email melatiayuwandy@gmail.com
    Sebelumnya makasih mba :)

    ReplyDelete
  56. Halo mba reviewnya bagus
    Saya boleh minta pricelist untuk chikal ke email anggrirara271@gmail.com makasih ya mba

    ReplyDelete
  57. Halo mba reviewnya bagus
    Saya boleh minta pricelist untuk chikal ke email anggrirara271@gmail.com makasih ya mba

    ReplyDelete
  58. mba rahayu minta price list chikalnya dong. persiapan menjadi suami nih
    mharis.dharmawan@gmail.com
    trimakasih

    ReplyDelete
  59. mba rahayu minta price list chikalnya dong. persiapan menjadi suami nih
    mharis.dharmawan@gmail.com
    trimakasih

    ReplyDelete
  60. Sore mba,
    Kebetulan beberapa rekan saya juga merekomendasikan Chikal, Alhamdulillah nemu blog mba ini.
    Saya boleh minta PL acara mba waktu itu? Mnta tlg dkrim ke astikurnia2.aa@gmail.com

    Trmksh bnyk y mba :)

    ReplyDelete
  61. ass mba, saya boleh minta PL chikal tolong email ke tri.wahyuningsih1992@yahoo.co.id. terimakasih

    ReplyDelete
  62. ass mba, saya boleh minta PL chikal tolong email ke tri.wahyuningsih1992@yahoo.co.id. terimakasih

    ReplyDelete
  63. Blognya bagus banget kak ^^ Semoga langgeng sampai maut memisahkan :)
    Selamat pagi kakak. :) maaf numpang promosi ya. ^^
    Ada yang mau nikah? Tapi masih bingung cari Wedding Organizer yang profesional? Rias pengantin yang bagus dan *manglingi? Dan catering yang halal,enak, murah dengan dekorasi yang bagus tapi tetep dengan harga sesuai kantong anda?
    Gak cuma catering untuk nikahan aja lho, ada juga nasi box, racikan dan nasi bancakan. Rias untuk pengantin,wisuda,persewaan kebaya/beskap juga bisa. Yuk cek paket paket hemat kami di link kami http://www.bumentik.com dan http://dekorasipernikahanjogja.com/

    ReplyDelete
  64. Hi Mba! Membantu sekali review-nya. Terima kasih banyak lho. Tahun depan saya juga minat pakai chikal. PL+ile soft copy pilihan dekorasi dan koleksi baju boleh di email ke astri.purwadhanty@gmail.com mba? Makasih sekali lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. file dekorasi dan pakaian bisa minta langsung aja ke Chikal ya mba. untuk price list sudah dikirim ya.

      Delete
  65. Terima kasih Mbak atas reviewnya. Saya masih bingung menentukan catering. Dan tulisan ini sedikit banyak membantu saya :)

    ReplyDelete
  66. Hai mba thx utk reviewnya ngebantu banget buat yg lg cari2 spt saya ini. Mba boleh saya dikirimkan PL catering sama vendor rias serta baju pengantinnya

    ReplyDelete
  67. Hai mba thx utk reviewnya ngebantu banget buat yg lg cari2 spt saya ini. Mba boleh saya dikirimkan PL catering sama vendor rias serta baju pengantinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Err.. kirim kemana ya mba? ada alamat emailkah?

      Delete
  68. Hi Mba, boleh tau dulu dapet perias dari sanggar chikalnya siapa? terus sama yang jadi kapten lapangan pas hari H nya siapa? terima kasih :)

    ReplyDelete
  69. boleh minta price list untuk chikal? dan contact chikalnya juga makasih banyak
    bunga.ayudia@gmail.com

    ReplyDelete
  70. Mbak kalo mau nikah itu booking gedungny dlu atau booking wo nya dlu sih ? Mohon pencerahannya :)) Oia sklian minta PL Nya jg yah , terima kasih
    Lailiazubair@gmail.con

    ReplyDelete
  71. Halo mba :) riasan sama busananya bagus.. Saya msh bingung dg rias dan busananya, sdh ada catering tp ngga sreg sama riasnya. Boleh tau kalo di chikal pakai riasnya siapa ya? Makasih :) ini email saya : nidakhafiya@gmail.com

    ReplyDelete
  72. halo mba, boleh ga minta pricelistnya chikal?
    bisa kirim ke email saya laraserrr@yahoo.com
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  73. Hallo capeng, buat yang lagi cari gedung pernikahan aku punya ballroom nih, masih baru dengan konsep semi hotel yang sudah full carpet dan Ac nya central.. disini sistemnya udah all in, untuk Catering, Dekorasi, Rias Busana/Bridal, Photography, Entertaiment, Wedding Organizer (8 Crew), Wedding Car semuanya sudah kita yang cover, jadi capeng hanya cukup menyiapkan undangan dan souvenir saja.. more info : FIRA 0812-3620-9044 Thankyou~

    ReplyDelete
  74. Hallo capeng, buat yang lagi cari gedung pernikahan aku punya ballroom nih, masih baru dengan konsep semi hotel yang sudah full carpet dan Ac nya central.. disini sistemnya udah all in, untuk Catering, Dekorasi, Rias Busana/Bridal, Photography, Entertaiment, Wedding Organizer (8 Crew), Wedding Car semuanya sudah kita yang cover, jadi capeng hanya cukup menyiapkan undangan dan souvenir saja.. more info : FIRA 0812-3620-9044 Thankyou~

    ReplyDelete
  75. Numpang Promo ya kakak,
    HIS GRAHA ELNUSA EXCLUSIVE WEDDING PACKAGE
    Paket pernikahan lengkap di daerah TB.Simatupang - JAKSEL ,dengan fasilitas gedung yang sudah full karpet, parkiran yang luas dan menjadi salah satu favorite orang tua karena tidak ada anak tangga menuju ballroom. Free Honeymoon Bali 3D2N ,
    more info : 0812 8777 6772 ( ENDY )

    ReplyDelete
  76. Hallo calon penganti, masih bingung cari venue untuk hari special kalian ? Coba intip Graha Elnusa yang sudah memperbaiki gedung menjadi mewah dengan tambahan full karpet + lampu gantung yang amat sangat cantik ..
    His Graha Elnusa All in Package jadi kalian tggl siapkan souvenir + undangan saja yang laiinya sudah di cover oleh kita .
    Aku selaku wedding consultant kalian siap melayani kalian 24 jam jika kalian butuh bantuan dan saran mengenai keperluan di hari special kalian ..
    foto ? kalian bisa langsung follow @his_grahaelnusa untuk update info terbaru dan foto gedung kita yang baru atau hubungi 087881656581 dengan anggun

    ReplyDelete
  77. hi mbaa.. thanks infonya sungguh membantu loh.. buat bridezilla lainnya yang mau berbagi please check my blog yaa at pecinta kopi sachet.. kebetulan aku juga bridezilla nih.. pakai chikal juga.. ^^ see u there

    ReplyDelete