8.27.2015

Melancong Ke Vietnam (part 3): Ha Long Bay

Nah, Ha Long Bay ini sebenarnya salah satu tempat yang paling ingin gw kunjungi saat ke Vietnam. Ha Long Bay, digadang-gadang masuk ke wisata andalannya Vietnam dan juga termasuk ke dalam World Heritage Sitenya UNESCO karena keindahan seascapenya, ditambah gugusan formasi perbukitan karst yang sebenarnya mengingatkan gw dengan Raja Ampat di Papua (yang katanya malah jauh lebih keren!). 

Di Hanoi, banyak banget travel agent atau penginapan yang nawarin paket tur ke Ha Long day, mulai dari one day tour, 2d1n tour sampai 3d2n tour sambil menginap di atas kapal. Beda travel agent, beda harga dan kualitas. Ini yang harus super diperhatikan saat pilih-pilih travel agent ke Ha Long Bay, karena beberapa oknum travel agent rupanya ga menggunakan foto sebenarnya, di foto sih keren banget fasilitas di dalam kapalnya, saat nyampe, zong! Beda banget dari harapan. Jadi benar-benar harus teliti dan rajin browsing/nanya-nanya tentang travel agent yang terpercaya.

Di Hanoi, gw dan ketiga teman lab sepakat booking tour 2D1N dari … gw lupa namanya (maap ga informatif) dengan operator junk boat yang bernama: Viet Beauty Cruise, dan kebetulan bisa booking di hotel tempat kita menginap. Biaya per orang memang lumayan mahal buat tour ke Ha Long Bay, makanya gw bersyukur banget dapet full support selama 2 minggu konferensi, jadinya uang jajan bisa dialihin kemari. Hihihi. 

Untuk Viet Beauty Cruise per orang dikenakan biaya USD 145 untuk 2D1N tour. Fasilitasnya mulai dari antar jemput dari Hanoi ke Ha Long Bay dan sebaliknya, English speaking guide, makan selama tour, kayaking, tiket masuk ke kawasan Ha Long Bay dan sekitarnya. 

Kenapa pilih tur yang 2D1N? karena kalo 3D1N biayanya lebih mahal. Hahaha, teuteup ujung-ujungnya duit. Alasan lain adalah setelah ngalamin tur nya, kayanya ngabisin 1 malam di Ha Long Bay cukup kok, kecuali yang mau explore lebih dalam di Ha Long Bay, bisa prefer tur yang 3D2N, biarpun aktivitas yang ditawarin sebenarnya relatif sama, kecuali ada tambahan 2 kali kayaking, dan saat malam kedua menginapnya di hotel, bukan di atas kapal.  Tergantung operator turnya juga sih untuk aktivitas 3d2n, tapi kayanya relatif sama. 

Perjalanan dari Hanoi ke Ha Long Bay menghabiskan waktu sekitar 3 jam lebih. Kita dijemput sekitar jam 8 pagi di hotel tempat kita menginap, lanjut jemput peserta lain yang rata-rata pasangan honeymoonan. Total peserta tour itu Cuma 12 orang. jadi ga terasa penuh sesak. Waktu itu kita dapet guide yang lumayan okeh ngejelasin sejarah Hanoi dan juga Ha Long Bay, dia juga nanya mengenai jenis makanan yang akan kita makan. Ada request tertentu ga? atau ada yang alergi makanan laut ga? Begitu lihat gw yang ditutup kerudung, dia langsung bilang dan nyatet, "ah, no pork for you." Cerdas! 

Sebelum jam 12, kita sampai di darmaga, transfer ke sebuah kapal motor kecil , dimana kaptennya bilang kapal ga akan jalan sebelum semua peserta memakai life vest dengan baik. Ay ay captain! Waaah, SOPnya okeh nih. 


Junk boats di dermaga Ha Long City
Kurang lebih 10 menit, kita transfer lagi ke junk boat tujuan. Wiiih, kapalnya masih baru, catnya masih mengkilap, katanya operator tur ini juga baru banget beroperasi dari tahun 2014. Masuk ke dalam kapal, dapat welcoming drinks dan briefing dari crew members kapalnya plus pembagian kamar. 

Kondisi kapalnya okeh banget! Wifi juga tersedia, jadi jangan takut ga bisa update status plus upload foto. Hihihi. Begitu juga interior dalamnya termasuk kamarnya fasilitasnya lengkap, dilengkapi shower air panas dan dingin, dan ada hair dryer juga. Hoho! Penting inih, penting buat kemaslahatan rambut yang harus kering sebelum dipakein kerudung. Beruntungnya total peserta tur ini totalnya cuma 12 orang, jadi ga terlalu rame dan bising.

Twin room di Viet beauty Cruise
Ruang makan sekaligus tempat karaokean
Dek atas yang cucok banget buat leyeh-leyeh
Salah satu menu sarapan yang endeus rasanya
Biar tetep eksis. kikikik. 
Sambil makan siang yang penyajian dan rasanya endeus abis, kapal pun berlayar lewat perbukitan karst yang epic banget menuju sekitar Bo Nau Cave untuk kayaking, lanjut ke Soi Sim Island buat leyeh-leyeh di pinggir pantai, berenang atau snorkeling, dan bisa juga mendaki ke puncak bukit yang ga terlalu jauh untuk dapet scene Ha Long Bay dari tempat yang lebih tinggi. 

Menjelang sore, guide nganterin kita kembali ke kapal untuk bersih-bersih dan menikmati sunset dari dek atas kapal. Emang, cucok banget buat yang mau honeymoonan ini tempat. Malamnya, acara bebas, ada cooking class membuat lumpia khas Vietnam yang bisa diikuti peserta tour sebenarnya (tapi sayah malas), atau yang mancing, karaokean juga bisa. Crew membersnya sigap banget membantu. Yang paling seru buat gw malah saat larut malam, ditemani jutaan bintang di langit (tsaah!), dan ngobrol di dek atas kapal sama ketiga teman gw, yang memang karena kita tinggal di negara yang berbeda, jadi sekalinya ketemu, banyak yang mau diceritain. Sedaap! 

Kayaking keliling Bo Nau cave
Penampakan junk boatnya






Acara untuk keesokan harinya, kita menuju Sung Sot Cave, sebuah gua besar yang punya keunikan stalaktit dan stalagmit. Ada satu formasi batuan yang menarik banget buat gw di luar gua, bentuknya mirip kaki yang menggantung dan seekor anjing. Apa cuma imajinasi gw doang yak? Beres keliling gua, kita kembali ke kapal untuk siap-siap makan siang, lanjut packing dan check out. Sekitar jam 2 kita udah kembali ke dermaga dan siap kembali ke Hanoi. 


Can you see the dog and hanging legs?
Overall, puas banget dengan tur 2d1n di Ha Long Bay, keindahan alamnya menarik banget, ditambah lagi kita beruntung dapet operator tur yang friendly dan fasilitasnya sesuai banget sama ekspektasi belum lagi cuaca yang cerah selama perjalanan. We were blessed! Moreover, I had a wonderful time and it is always exciting to have good memories after travel to new places. 



Related Posts

No comments:

Post a Comment