5.20.2015

Kemping Kemping Cantik di Tanakita

Kebetulan jumat kemarin gw membantu mengisi materi di salah satu program konservasi untuk anak-anak di daerah Situgunung-Sukabumi, masih di kakinya Gunung Gede. Nah, secara ya udah nyampe sana, mari sekalian naik ke gunung gede ke satu tempat kemping bernama Tanakita. Gw pernah kesana sebelumnya bareng sama si pacar (yang sekarang jadi si suami) dan teman-teman satu organisasinya pas tahun baru 2013.   

Jadilah, hari Jumat malam lalu gw ngisi acara sekalian kemping di Cinumpang, pake tenda beneran beralaskan matras, dan sabtu malam kemping di tanakita beralaskan kasur. Ahaaay.


Sekolah konservasi ini bertempat di Cinumpang, atau kadang orang nyebutnya finish tubing, karena lokasi ini sebenarnya juga merupakan finishing point untuk kegiatan river tubing di situgunung. Lokasinya okeh, masih dalam tahap pembangunan sebenarnya, tapi kondusif banget buat anak-anak kota yang belum pernah liat sungai jernih, dan yang cukup bikin takjub adalah fasilitas toilet duduk! Maafkan sayah yang norak ini, maklum biasa gali tanah buat poop kalo kemping. 

cemilan sambutan
Lokasi presentasi, plus toilet ciamik di belakangnya
Si suami yang punya cita-cita terpendam jadi avatar api
salah satu kegiatan pengamatan satwa di sekolah konservasi
sungainya menggoda iman banget buat nyebur

Nah, sabtu paginya, beres packing, dadah dadah cantik sama panitia, gw dan suami siap pindah tempat ke Tanakita. Gw booking tempat di Tanakita seminggu sebelum rencana karena konon kabarnya tempat ini biasanya full-booked saat weekend, tapi pembayaran bisa dilakukan saat check out (jangan lupa bawa cash, dimari ga bisa ngegesek). Setelah jalan kaki lumayan jauh di jalanan aspal yang nanjak tiada akhir, sampai juga di gerbang situgunung. Sebenarnya bisa banget naik angkot dari pertigaan Cinumpang, tapi si suami bilang "deket kok, cuma nanjak dikit aja" ikutlah gw, dan ternyata sesat! 

Buat yang mau ke tanakita, ga usah bayar tiket di gerbang depan, bilang aja mau ke tanakita. Eh, ini kasus buat pejalan kaki macam gw dan suami yak, ga tau deh kalo yang bawa mobil. Hehe. 

Tanakita ini sebenarnya dikelola oleh Rakata, mereka kalo ga salah punya dua tempat di Situgunung yang bisa dijadikan penginapan: Tanakita dan Rumamera. Tapi kayanya yang lebih terkenal Tanakita, dan juga lebih luas dibanding Rumamera, karena Rumamera biasanya digunakan buat tempat pertemuan (tapi katanya Rumamera ada hot tub nya lho. Oke, ga penting)

Nah buat yang mau nyobain kemping di alam tapi ga mau repot harus bawa tenda, nesting, ngebangunnya, masak, pipis di semak-semak/WC portable. Disini gw rasa okeh buat jadi pilihan kemping cantik manja. Gimana ga manja, tenda jelas udah berdiri, dilapisi panel plastik jadi ga langsung nyentuh tanah dan ga basah, buat yang mau pamer update status atau tag location sinyal ada banget, plus colokan di tiap tenda, ditambah lagi kasur plus makan 3x dan kopi atau teh sampai mabok. 1 tenda kapasitasnya bisa untuk 2-4 orang, dan yang gw suka, Tanakita udah nyedian sleeping bag unyu warna oranye yang wangi. Oh satu lagi, ga perlu ragu buat mandi karena fasilitas MCKnya lengkap ditambah air panas pula. 

Plang masuk ke Tanakita

Abaikan cangkirnya, yang di kiri bawah itu RumaMera

Kompleks tenda di Level 2

Hall tempat kudapan 24 jam

Sleeping bag ngejreng dan wangi di dalam tenda


entah ini judulnya apa.

Mari pulang, marilah pulang

Buat yang kemping garis keras sih kayanya kurang menantang ya, tapi sekali-kali untuk liburan santai menurut gw sih recommended. Apalagi buat yang bawa keluarga, bisa ngajak bocah-bocahnya lelarian di rumput daripada lelarian di mall memulu kan. Hehehe. 

Untuk menuju Tanakita, gampangnya sih naik kereta dari Stasiun Paledang Bogor, jangan lupa untuk pesan tiketnya online via PT KAI, turun di stasiun Cisaat, naik angkot warna merah langsung turun di depan gapura situgunung, tinggal belok kiri darisana. Untuk rate sendiri, harga yang dipatok Tanakita Rp. 550,000/orang. Ini no. kontak reservasinya kalau ada yang membutuhkan: Pak Adam: 087820631452

Selamat berlibur ^^


Related Posts

No comments:

Post a Comment