4.21.2015

Selamat Hari Kartini

Selasa pagi, di hari kartini, sementara kebanyakan perempuan merayakan hari kartini dengan pakai kebaya cantik, gw merayakannya dengan... pakai rok! hahaha! Edisi spesial, khusus di hari Kartini.

Yang mau gw bahas sebenarnya bukan ini, tapi kekecewaan salah satu dosen gw yang dia curhatin waktu gw mampir ke kantornya dimana gw 'sial'nya ikutan dites juga layaknya mahasiswa, tapi lumayanlaah dapet 70 meskipun balik dari kantor ibuk dosen gw langsung googling lagi mengenai Kartini.

Jadiii, cerita berawal dari ibuk dosen yang waktu itu ngajar di sebuah kelas khusus bernama fast track. Fast track ini mirip-mirip kaya program akselerasi di SMA gitu deh, tapi yang ini tingkatnya langsung dari S1 ke S2 (dimana gw ga suka sistem ini, ga efektif dan buat gw pribadi, mahasiswa butuh banget pengalaman lebih banyak di lapangan, khususnya buat anak kehutanan, yaa sebelum akhirnya setelah lulus malah memutuskan kerja di bank #eeh). Si ibuk dosen iseng bikin tes nanya siapa Kartini ke 5 mahasiswa disana, dan jawaban mereka ternyata hampir serupa: berjuang mengangkat senjata melawan penjajah belanda! wadejing! Murkalah si ibuk, karena tahun lalu, ibuk dosen juga bikin tes serupa dengan tokoh Steve Jobs, dimana beberapa mahasiswa beliau bilang kalau steve jobs itu pendiri facebook! *push up kaliaaan!*

Sialnya, gw dateng ke kantor si ibuk setelah beliau ngajar, berniat mau ngobrol-ngobrol cantik dan langsung ditodong pertanyaan serupa.

Ibuk dosen: "Toa, lo gw tes dulu sebelum masuk"

Gw: Hee.. tes apaan bu?

Ibuk dosen: tentang kartini, kesel tadi gw sama mahasiswa, bla bla bla *mulai curhat*

Gw: Hooo oke bu. *mulai deg-degan, nyesel ga buka wikipedia tadi pagi*

Ibuk dosen: kenapa kartini jadi pahlawan?

Gw: kalo ga salah karena isi bukunya, yang diterbitin sama orang belanda deh bu banyak tentang emansipasi wanita

ibuk dosen: umur berapa dan kenapa kartini meninggal?

Gw: ummm *mulai nyengir* ga tau bu, hehe. kayanya sakit deh

Ibuk dosen: sakit apa?

Gw: hehe, lupa bu.

Ibuk dosen: pendarahan toaaa, waktu ngelahirin di usia 25 tahun. 

Gw: Hooo.

Maafkan kemampuan otak sayah yang menurun dan kayanya udah lama juga ga baca-baca lagi mengenai pahlawan Indonesia. (padahal di rumah, bukunya pramoedya tentang Kartini kayanya ada). Malu aku maluuuu.

Related Posts

2 comments:

  1. oh mba ini yg dimention Ibuk ya? abis Ibuknya cerita ttg mahasiswa fast tracknya? hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, karena emang fokus dan awal kegemesan si ibuk ke para mahasiswa fast track jo. Gw mah ketiban getahnya aja karena dateng pas beliau beres ngajar. hihi.

      Delete