3.10.2012

My Name is Sahri

Penelitian mengharuskan gw untuk mengikuti aktifitas dua grup kera kecil yang disebut owa jawa (apa sih owa? apa sih? apa sih? monggo, ada mbah google yang siap membantu anda :D) dari mulai mereka bangun tidur di pagi-pagi buta sampe mereka tidur lagi di sore harinya. Kalo ibarat kata nih, Owa Jawa ini artis super terkenal yang segitu VVIP (very very important primate)-nya sampe gw, sang reporter kepo wajib, kudu, mesti tau kegiatan harian si artis mulai dari bangun jam berapa, 'kamu makannya apaaa?' (pake gaya centil Enno Lerian), lewat mana aja, ketemu sama siapa, plus tidur jam berapa dan dimana. 

Kalo dulu buat pengamatan, gw bareng Mance-si partner dalam segala kesempatan, kali ini gw dibantu sama tiga asisten yahud yang punya mata setajam sssyyyiiilet! (jangan lupa pake gaya Fenny Rose). Contoh:

Asisten: *tanpa bantuan binokuler* Ada gerakan mba, itu di atas pohon Ki Hujan, si Aris (salah satu Owa Jantan) lagi duduk.

Gw: *berusaha mengingat bentuk dan rupa pohon Ki Hujan* Ummm.. sebelah mana yah? 

Asisten: Itu mba, belakangnya pohon Rasamala, sebelah kiri ada percabangan kecil, hampir ketutup sama liana mba.

Gw: *Berusaha mencerna informasi, mengeluarkan binokuler, mencari-cari selama sekian menit* Ooooh, iyaaaah!! Keliatan! Hahahahaha!!

Yak! Di saat kemampuan gw menurun karena faktor 'U' (eeeaaa) dan butuh bantuan binokuler buat pengamatan, asisten gw dengan yahudnya maen tunjuk ajah posisi owa dimana, sedaaaap!!!

Salah satu asisten gw yang sangat membantu bernama Sahri. Gw kenal Sahri dari tahun 2008 saat gw mulai penelitian. Sahri adalah orang asli desa Citalahab di Gunung Halimun sini. Pertama kali kenal, Sahri super duper amat pemalu, disenggol dikit langsung mengkerut macem putri malu. Diajak ngobrol, volume suaranya langsung mengecil. tahun 2012 gw balik ke Halimun, Sahri udah metaaaal!! Udah mau nyengir kalo ketemu, ga pake nunduk kalo ngobrol dan udah bisa diajak bercanda dan udah jadi calon bapak biarpun kelakuannya masih kaya anak-anak. Hehehehe! 

Sahri ga suka Jakarta, katanya pusing karena terlalu banyak orang, susah kalo mau nyebrang jalan, apa-apa mahal dan ga ada sawah buat bercocok tanam *tepok jidat*. Selain pengamatan, Sahri juga bisa gw andelin buat bantuin ngambil tutut di sawah. Secara yah, sekarang si tutut lagi happening banget di Bogor, seplastik kecil tiga ribu rupiah, disini? dengan modal nyengir sama yang punya sawah gw bisa panen tutut sampe mabok. Hehehehe.

Belakangan, gw iseng ngobrol sama Sahri soal rencana masa depan dia:

Gw: Sahri, emang mau punya anak berapa rencananya? *sambil nyeruput kopi*

Sahri: delapan mba, hehe.

Gw: *kesedek kopi sendiri* DELAPAAAAAAN??? Et dah, kasian istri kamu atuh Sar.

Sahri: Enggak ah mba, kan biar rame di rumah.

Dan hari-hari berikutnya, bagaikan Duta Keluarga Berencana, setiap masuk hutan dengan berapi-api gw selalu memprovokasi Sahri buat mengurungkan niatnya punya anak 8 (kasian istrinya boooo! secara fasilitas kesehatan disini juga belum lengkap) dan hasilnya? sekarang kalo ada yang nanya Sahri mau punya anak berapa, jawabannya: "cukup tiga ajah" Horeeee!! Berhasil! Berhasil!!! (kali ini pake gaya Dora)

Lain waktu, kita ngebahas soal panggilan yang cocok buat Sahri sebagai calon bapak:

Gw: Nanti, kamu maunya dipanggil apa Ri sama anak kamu? Ibu-Bapak? Ayah-Bunda? apa Mamah-Papah? Hehehehe

Sahri: *sambil senyum-senyum malu* enggak ah mba, mau dipanggil Ema-Abah aja.

Gw: Eh, kenapaaaaa? (tetep yaaah gw kepo banget)

Sahri: Kan orang Sunda mba, biar ga ilang kebiasaan Sundanya..

Gw: *menatap Sahri dengan penuh rasa haru dan bangga* 

Dan terakhir, gw ngobrol sama Sahri soal tekad dia buat ngurangin kebiasaan ngerokoknya:

Sahri: Saya pengen berhenti ngerokok mba, tapi susah banget yah..

Gw: Waaaah! Kok bisa Sar?

Sahri: Iya, saya pengen nyekolahin anak-anak sampe kuliah mba. Kalo ngerokok terus, nanti uangnya abis buat beli rokok ajah. Kalo ga ngerokok kan uangnya bisa ditabung ya mba yah?

Gw: *langsung manggut-manggut* Ho oh! Ho oh! Bener Sar!!! 

Dan mulai minggu lalu, frekuensi Sahri ngerokok berkurang. Sahri senang gw pun ikut riang karena asap rokok yang gw hirup di hutan pun berkurang, hohohoho!! 

Related Posts

8 comments:

  1. dengan ini saya nyatakan Gerakan 1000 blogger dukung mbak TOA jadi pengganti Shireen Sunkar di iklan BKKBN dimulaaaaiii!! HIdup Sahriiii!! Yeeeaaaahh!!! :D

    ReplyDelete
  2. Ahaaaay! Kalo gitu gw mulai dari lo ya man, jangan lupa ya nanti cukup punya dua anak sajah ^^

    ReplyDelete
  3. dan elo jadi pengganti Tengku Wisnu buat ngedampingin Shireen Sungkar.nya, Man... hahaha

    ReplyDelete
  4. oh tidak bisaa~ tengku wisnu nya udah di tag sama akang2 ber-vespa biru, bisa dilempar helm ntar kalo masih nekat ikut casting~ :D

    ReplyDelete
  5. ahahaha.... si om gantiin teuku wisnu bisa-bisa iklan BKKBN gagal! hoho.. =P

    mba toa: jd kangen suasana di perkampungan halimuun... :)

    ReplyDelete
  6. @Upi: Weits! Ada Upi melanglang di blog. Pollow blog gw pi, pollooow! *ancem pake donat* :D

    @Arman: Btw BKKBN itu apa sih man?

    @Muti: Sinih, sinih, nanti akyu masakin tutut yang banyak. hehehe.

    ReplyDelete
  7. Oiya mbak Toa kan udah lama gak nonton tipi sini yaa? BKKBN itu Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, yang main iklannya tuh si shiren sunkar sama tengku wisnu,,trus ada yg versi si afghan juga,, coba cari di youtube, nggak banget deh iklannya! :D

    ReplyDelete
  8. wuih walo ane nonton tipi sini ( Indo.red) ane kagak tau ada iklan begituan lho Om. Kenapa mesti si Shiren sih?
    Mba Toa, penasaran ma Sahri, klo ngeblog soal dia lagi dipoto dunk mbak....no pic=hoax gitu lho.

    ReplyDelete