7.29.2011

Seoul is flooded!!

Mulai dari selasa - kamis kemarin, Seoul dilanda hujan sepanjang hari. Suer! Ga berenti berenti. Berdasarkan laporan dari departemen klimatologinya, curah hujan mencapai 400 mm sehari, no wonder cuma dalam waktu 3 hari Seoul pun collapse. Sungai Han, sungai terbesar di Seoul meluap, beberapa wilayah selatan di Seoul longsor dan banjir terjadi dimana-mana : Jalan tol, kompleks perkantoran sampe stasiun subway. Beberapa transportasi umum pun terkena dampaknya, subway yang biasanya datang tiap 5 menit ini molor jadi 1/2 jam, beberapa line dibatalkan. Begitu juga bus. Parah! Paraah! Dan dari berita yang gw baca hari ini, sudah 57 orang dinyatakan meninggal. Ya Allah, semoga tidak bertambah lagi. Katanya ini banjir pertama setelah 3 tahun.






Sumber gambar darisini
Tapi satu yang gw salut adalah dedikasi manajemen transportasi umumnya, dua operator utama subway : Korail dan Seoul Metro setiap menit selalu mengupdate kondisi jalan dan lalu lintas baik line subway maupun jalan raya, dan ga membiarkan penumpang menumpuk ataupun menunggu tanpa pemberitahuan yang jelas. Dengan kondisi darurat akibat banjir kaya gini, mereka tetap mengutamakan pelayanan penumpang. Ini salah satu tweet dari Seoul metro .

대중교통을 담당하는 기관으로서 당연한 할일을 한 것 뿐입니다만, 이렇게 칭찬해주시니 감사하구요, 앞으로 이용시민들과 함께 울고 웃는 서울메트로가 되도록 더욱 노력하겠습니다.

Although we only did our duty as an organization dedicated to public transportation, thank you for your compliments, and we will strive to become a Seoul Metro that cries and laughs with all citizens.

Salut bener dah sama transportasi umum disini! Dan katanya curah hujan akan turun mulai jumat ini, semoga aja, dan semoga tidak banyak korban yang bertambah. *Pray for Seoul*

Related Posts

2 comments:

  1. bisa juga banjir ya...mesti belajar biasa tuh orang2 seoul ke jakarta :D

    ReplyDelete
  2. Ho oh, banjir pertama setelah 3 tahun pi, jumlah curah hujan dalam 3 hari itu dama dengan 3/4 curah hujan dalam setahun di seoul. Makanya langsung banjir besar gitu. tapi disini pemerintahnya jauh lebih sigap pi, dalam 2 hari semua udah normal lagi. Heran, keren bangt manajamen publiknya :)

    ReplyDelete