7.15.2011

10 Facts about "K"

AJUMMA

  Atau Ajumonni, adalah sebutan untuk perempuan paruh baya yang udah menikah atau kelihatan udah menikah, atau biasanya ibu-ibu yang buka usaha resto atau warung makanan. tapi, ga semua ibu-ibu mau dipanggil Ajumma, karena konotasinya yang entah kenapa kurang bagus buat orang Korea sendiri. Kalo gw mengenali ajumma dari sisi lain, ceileeh, di tempat umum, lo bakal dengan mudahnya mengenali ajumma dengan ciri khasnya : tipikal rambut pendek keriting (masih jadi pertanyaan gw ini teh asli apa dikeriting yah?), baju dan celana ngejreng macam celana bunga-bunga, kaos pink ditambah rompi ijo yang dari jauh lo akan salah mengenali sebagai kue lapis. Oh, sama biasanya para Ajumma suka make sepatu olahraga + topi umm, apa yah namanya yang biasa dipake buat golf itu lho, yang buat nahan panas.

Youth Korean

    Bukan, bukan nama boyband, tapi muda-mudinya Korea. halaah,  muda-mudi, berasa tahun 90an. Anyway, cewe-cewe disini selalu berhasil membuat gw mangap dengan indahnya. Kenapa? Sampe sekarang dan mungkin setiap saat gw akan mengajukan pertanyaan yang sama: puya ilmu apa cewe-cewe disini bisa jalan bahkan lari dengan high heels setinggi 7 senti nempel dikakinya?? Kalo cowo-cowonya berhasil membuat gw terintimidasi dengan bodi papannya. Gileee, betis gw aja 2x lebih gede dari betis mereka!! Tipis, kurus + jangkung abiiiis! Oh, 1 lagi, metroseksual. Salah satu personil boyband Korea favoritnya Jo, temen gw pernah ketangkep kamera manicure-an di salah satu skin care-shop deket kampus gw (what the....)

 Mobile Phone
  
     Buat foreigner, beli hp disini kaya mo beli tanah : butuh surat lengkap. Sebelum beli, si penjual bakal ngecek passport, alien registration card (KTP sini, yang entah kenapa foreigner disebut alien)buat liat masa tinggal, buku tabungan (buat liat uang kita cukup ga buat beli hp)dan alamat tempat tinggal. Buat lebih meyakinkan, akan lebih baik kalo lo bawa temen orang Korea yang istilahnya bakal ngejamin kalo kita adalah warga nasing yang baik hati, ramah, tidak sombong dan ga bakal kabur sebelum kontrak beres. Karena sistem beli hp disini pake kontrak, dan biasanya minimal 2 tahun. Ribet cyyyyyn!

  Plastic Surgery

    Yang paling menghebohkan dunia persilatan dan udah jadi rahasia umum, iklannya pun tersebar mulai dari di bis, subway sampai stasiun. Orientasi cewe-cewe sini sama kecantikan fisik emang tinggi abiiis, biaasanya mereka operasi kelopak mata sama hidung. Tapi ga jarang cowo-cowonya juga suka oplas. Mungkin kalo di Indonesia, kaya iklan membesarkan alat vital yang banyak di tiang listrik itu kali yah :P Ngefans sama artis Koea yang super cute? atau aktor-aktornya yang super ganteng? Hehehe, dicek dulu apa emang aslinya udah guanteng atau hasil oplas :P



  Food Sharing

    Korea is not for loner, and it's true! Hampir semua restoran di Korea make sistem food sharing atau paling ga porsinya segede gaban, Well, kecuali resto fast food macem burger king, Mc'd, KFC. Jadi jangan harap lo bisa makan sendirian di restoran sini tanpa semua orang menatap lo seakan-akan kena kusta. Hehehehe.

Trash Bin

    Seoul, ibukota Korea jelas jauh lebih bersih dari jakarta, tapi kata temen yang dari Singapur masih kalah sama negaranya (ya iyalaaah, disono makan permen karet aja bisa dipenjara, apalagi buang sampah sembarangan)cumaaa, disini itu nemu yang namanya tempat sampah susah beneeeer, kalo kata pepatah,ibarat mencari jarum dalam jerami, Halaaah. Tapi yang tetep jadi misteri, biarpun tempat sampah jarang ditemukan, tetep aja Seoul bersih. Heran..

Dry Toilet

    Terbiasa dengan toilet jongkok, toilet duduk dan kali sebagai arena buang hajat, disini harus membiasakan diri dengan toilet duduk yang kering. Maksudnya kering? Ga ada aeeeerr buat ngebasuh, cuma modal tisu doank! Kalo mo dibilang biar kaya bule, salah berat, mbok ya kalo perilaku bule jorok jangan diikutin.. Jadi, sampe sekarang gw tetep bawa botol minum kemana-mana yang selalu siap sedia saat gw ada panggilan alam mendadak. Hehehehe.

Cafe and Coffee Shops
 
     Pernah nonton drama Korea 'coffee prince'? kalo gw, jelas belon. Hehehe. Film itu salah satu bukti betapa menjamurnya cafe dan coffee shop disini. Di sekitar kampus gw aja dalam radius 500 meter lo bisa nemuin 2 starbucks, 2 coffee bean and tea leaf, 1 cafe benne, de chocolate cafe, kopi tiam, daaan 4 sampai 5 coffee shops lainnya.

Crazy Bus
 
     Mungkin cuma ini yang jadi saingan terberatnya metromini di Jakarta, hal pertama yang harus lo lakukan saat naik adalah cari pegangan yang mantap, cadas dan kuat, bukan, bukan om om di sebelah. Hehehe. Naik bis di Korea lo ga akan pernah tau kapan si supir ngerem dan ngegas mendadak. jangan sampe lo jatuh gedubrak dan mempermalukan diri sendiri (berdasarkan pengalaman pribadi)

KIMCHI

     Makanan sejuta umatnya Korea yang mulai dari sarapan, makan siang sampe makan malem hadir dengan setianya. Bahkan lo beli pizza aja ada si kimchi + acar!! Bayangin, Pizza dan acar!! Bukan teman sehati menurut gw. Dan entah kenapa sampe sekarang lidah gw masih ga tahan sama fermentasi sayuran yang satu ini, rasa asem + pedesnya tetep aneh buat gw.




Related Posts

2 comments:

  1. wow! baru tau saiah.. kalo cerita ttg jo, sepertinya aku tau yg mana.. hehehe

    ReplyDelete