4.03.2011

Getting Around Seoul With T-Money Cards!

Ga tau kenapa, tapi buat gw sistem transpotasi di Seoul itu dream come true banged (entah karena gw yang norak atau gw terbiasa dengan sistem transportasi Jakarta-Bogor yang jauh berbeda dengan disini). Waktu kuliah dan kerja di Bogor, gw adalah pengguna transportasi publik sejati. Hohoho! Bukan, bukan karena gw cinta lingkungan (itu adalah alasan kesekian) tapi karena gw ga punya mobil ataupun motor sendiri, kalaupun gw punya, sama juga boong, karena gw ga bisa nyetir. Hehehe, pilihan berikutnya adalah sepeda, Masya Allah, betis gw udah cukup gede tanpa gw harus latihan pake sepeda Depok-Bogor :p

Anyhooo, back to topic, ada 3 pilihan public transportation di Seoul, yang pertama Subway, kedua Bus, yang ketiga Taxi. Kalau biasanya di jakarta buat bus kita bayar sama kernet, kalau untuk Subway atau kereta deh kita pake tiket, untuk taxi kita pake cash disini akan lebih mudah kalau pake T-Money Card.

T-Money, berdasarkan penjelasan yang gw denger dari Eunae, ini adalah sejenis kartu pintar yang didalemnya udah ditanem sejenis chip. Jadi kalo kita mo naik bus atau subway harus scan kartu ini dulu. Gw sih belum pernah nyoba pake taxi, soalnya taxi disini mahal boo! Not recommended unless you're in a rush situation. T-money sendiri bisa dibeli di subway station, biasanya ada mesin segede-gede gaban, convenience store (kalo di kita mah mini market), sama kios-kios sekitar halte bis.

Keuntungan make T-money adalah diskon 10% dari ongkos sebenarnya kalo kita pake cash. Sumpah, ini berguna dan efektif banged. Harga kartunya sendiri beragam, mulai dari 2.500 won dan 3.000 won (sekitar 20.000 - 24.000 Rupiah), gw beli di subway station (ada mesinnya sendiri) yang harganya 3.000 won jadi udah termasuk Seoul City Pass buat foreigners. Uhuuy! Keuntungan tambahannya selain kartu transportasi, dapet diskon di beberapa tempat wisata di Seoul. Hehehe. Nah, pas awal beli, bisa langsung isi deposit untuk kartunya, pilihannya mulai dari 2500 won, 5000 won sampai 10.000 won dan lebih kalo ga salah. Gw langsung isi yang 10.000 won biar ga perlu sering isi-isi lagi. Hehehe dan jumlah uang di dalem kartunya akan berkurang secara otomatis pas kita scan di bus atau subway. Dan T-money card ini juga bisa direcharge jumlah depositnya, bisa di mesin yang sama saat beli di subway station atau di convenience store atau kios yang ada lambang T-Moneynya.

Daan, sekarang bentuknya T-Money udah beragam,mulai dari yang masih konvensional macem kartu dan yang berupa aksesoris yang bisa digantung di HP, buat yang 1 ini harganya lebih mahal skitar 5000 won (Rp. 40.000). Kalo gw, jelas milih yang konvensional, hehehe. Secara barang segede buku aja gw bisa ilang, apalagi yang kecil-kecil gitu. So, getting around Seoul more easier if you use it than pay with cash :D

Ini dia si mesin buat beli dan recharge T-Money (Pic. source : Here)

Yaiy! My 1st T-Money Card (norak! norak!)

Varios kind of T-Money (Pic source : in here)

The conventional card (Pic source : from here)

Related Posts

2 comments:

  1. Hallo Rahayu, saya punya T-Money dengan tulisan Seoul City Pass, tapi belum pernah coba untuk mendapatkan diskon di tempat2 wisata di Seoul, Rahayu sudah pernah coba? Mungkin tau, tempat2 wisata apa saja ya yang bisa pakai Seoul City Pass di T-Money ini? Thanks.

    ReplyDelete
  2. Hallo.. Hehehe, saya juga belum pernah nyoba sebenarnya, tapi biasanya pas beli T-money akan dapat lembaran kupon yang isinya diskon untuk foreigner kalau tunjukin kopun-kupon itu. Yang lain, setau saya kalau punya Seoul city pass bisa gratis (atau diskon)ikutan Seoul city tour buss misal kaya ke Seoul tower atau sesuai rute si City tour buss itu.

    Semoga membantu ^^

    ReplyDelete