1.24.2011

Waspadalah!! Waspadalah!!

Gw pikir trend ngejambret diantara pencopet dan penjambret di kereta udah ga in lagi. Dulu, pertama kali gw ngeliat penjambretan di atas kereta ekonomi itu tahun 2004, awal-awal gw jadi penghuni kereta, terus, jarang banget gw denger beritanya lagi. Eh, kemarin waktu mau ke Bogor, ternyata trend penjambretan kembali menjamur! Gw pikir udah punah ditelan alam, secara yang lagi trend sekarang hipnotis-hipnotis gitu (tatap mata sayaah!!)

Gw ngeliat adegan penjambretan itu lagi. Motifnya si penjambret bakal survey bolak-balik di sekeliling gerbong, biasanya berdua, mereka ga pernah kerja sendiri, sasarannya biasanya mereka yang duduk di pinggir deket pintu dan barang yang dijambret biasanya kalung emas yang biasa dipake ibu-ibu, eh, gw pernah denger juga dink hanphone, tas, dll. Nah, yang kemarin itu kejadiannya di stasiun Cilebut, secara gw kalo di kereta daripada bengong bengong ntar ditepok orang, biasanya gw baca buku (doo.. rajinnyaaa..) tenaaangg, skala buku yang gw baca ga akan seberat textbook, tapi komik Miiko (gubraakh!!), Conan, dan chicklit. Hehehe. Lagi khusyuk baca, tiba-tiba gw ngedenger ibu-ibu di seberang bangku gw teriak-teriak sambil megang kalungnya. Gw sempet sekilas liat adegannya, sebelum si jambret jahat itu loncat dari kereta. Jadi, ternyata si ibu emang udah diincer dari tadi, kondisi kereta cukup lowong, karena ada beberapa bangku yang kosong, nah tapi 2 orang ini berdiri terus di sekitar si ibu itu, pas kereta sampai di stasiun Cilebut, mereka berdiri di samping si ibu, yang artinya deket sama pintu, nah pas kereta mau jalan lagi, mereka langsung ngejambret sambil loncat. Jadi, orang-orang yang di dalem kereta pun akan telat nyadarnya dan si jambret akan kembali pura-pura jadi orang biasa. untungnya, si ibu gigih banget narik kalungnya, jadi ga sempet keambil. Gila banget!! Ga kebayang kalo kalungnya keambil, pasti leher si ibu itu akan luka, trus trauma. Fuuuhh, makin ga ada jaminan keamanan di kereta ekonomi. 

Sumber gambar darisini
Nah, pelajaran moral berharga buat para commuters, khususnya di kereta ekonomi sih :
1. Jangan pernah pake barang mencolok. Even sekaya apapun elo, ga usah pamer deh di kereta ekonomi demi keamanan bersama
2. Jangan duduk di pinggir, usahain cari yang tengah ajah.
3. Kalo bisa, ga usah ngeluarin hanphone di sepanjang perjalanana, kecuali kalo emang darurat banget atau saat kereta udah berangkat dari stasiun
4. Saat kereta berhenti di stasiun, ga usah ngeluarin apa-apa
5. Kalo mau turun atau naik, ga usah buru-buru, nah, saat transisi itu tuh biasanya banyak copet di sekitar.
6. Kalo udah sore atau malem, cari gerbong yang lampunya nyala, secara kereta ekonomi lampunya kadang ada yang nyala kadang enggak. 

Emang bener apa kata Bang Napi, kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat si pelaku, tapi karena ada kesempatan! WASPADALAH!! WASPADALAH!!

Related Posts

No comments:

Post a Comment