12.16.2010

Rafting is Fun !

Buat yang suka olahraga/wisata air, pasti udah biasa denger yang namanya arung jeram atau lebih dikenal dengan Rafting. Lokasi rafting yang terkenal di Jawa Barat salah satunya adalah di sungai Citarik, dulu pun gw taunya cuma itu. Tapi sekarang olahraga sekaligus wisata air ini semakin berkembang, terkenal dan banyak peminatnya. Banyak lokasi yang saudah bisa jadi pilihan, Sungai Ciberang di provinsi Banten bisa jadi alternatif lho. Oktober kemarin gw sempet nyoba pengarungan 10 km disana bareng temen-temen RIMPALA dan yang lain. Kita berangkat dari Bogor via Jasinga sekitar jam 7 dan sampai di lokasi jam 9an. Awalnya di bayangan gw, wuiih kita mau ke Banten! Pasti jauh,, eh.. tak disangka tak diduga, ternyata ga terlalu jauh, masih di kabupaten Lebak, jadi di perbatasan antara Bogor dan Banten. Hulu sungai Ciberang pun masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan mengalir terus sampai kota Rangkas Bitung. Ternyata di wilayah ini juga udah ada beberapa kawasan wisata yang berkembang seperti Pemandian Air Panas “Tirta Lebak Buana”. 

Salah satu pengelola olahraga dan wisata rafting ini adalah Banten Adventure. Lokasinya lumayan, mungkin karena masih belum terlalu lama beroperasi, jadi masih banyak bagian yang dalam tahap pembangunan, ada beberapa saung untuk istirahat, 1 base camp, 3 ruang ganti, 2 toilet. Seperti biasa di awal pengarungan, kita akan di briefing dulu, mulai dari cara memegang dayung yang benar, aba-aba dari operator yang harus diikuti (gw paling suka “boom!” artinya badan harus menunduk ke bawah karena ada batang pohon melintang), posisi duduk dan cara menggunakan life vest yang baik. Banyak yang suka menyepelekan mengenai penggunaan pelampung yang baik, padahal ini adalah alat penyelamat kita di saat darurat. Makanya mari kawan, kencangkan sabuk pelampung sekarang! briefing beres, mari kita stretching biar badan gaakram pas pengarungan.. beres, dan pengarungan siap dimulai! Ahaay!

Dari awal pengarungan perahu sudah mulai dihajar arus yang deras dan jeram yang kuat. Asyiknya lagi, di pertengahan pengarungan turun hujan, mantaabh! Debit air naik, pengarungan pun makin asyik. Belum lagi bentangan alam sekitar yang berupa rangkaian pegunungan Halimun, bikin kita wajib nengok kiri kanan d! total durasi waktu pengarungan ini kurang lebih 2 jam, sumpah, g kerasa! Sampai di titik finish, kita disambut dengan air kelapa muda. Slrruup! 
Titik awal pengarungan


hap! Hap! mari streching biar otot ga tegang!


Safety comes first :)


Ya,, ya,, dengarkan baik-baik kata om operator


Let your adrenaline raced ^^










Kelapa muda di akhir pengarungan. Slruup!

Rafting bisa jadi sarana ngilangin stres juga gw rasa, caranya jangan lupa teriak-teriak selama pengarungan pas ketemu jeram atau pas terbawa arus yang deras. 
Gw nyoba ngasih beberapa tips untuk berarung jeram :

1. jangan pake sandal jepit! Even itu sandal gunung! Karena resiko lepasnya gede banget, jadi kalo lo udah terlanjur make sandal jepit, lepas dulu aja sebelum pengarungan. It is better I think..

2. Say no to Jeans! Kenapa? Berat booo! Jadi mending cari celana lapang, atau celana yang berbahan parasut biar ga nyerap air.

3. makan dulu sebelum pengarungan, karena tenaga yang dikeluarkan ga sedikit

4. Banyak minum, karena kemungkinan dehidrasi besar! Atau biar ga dehidrasi, tiap kena ombak yang masuk mulut, telan aja, lumayan ^^ hehehehe..

5. Last but not least, Berdoa.. karena bagaimanapun tetep Yang Di Atas yang akan menjaga kita.

Jadi, mari kita rafting dari sekaraaaang!!


Related Posts

No comments:

Post a Comment